6 Makanan Khas Madura Terkenal Enak dan Rekomended, Nomor 4 Bikin Ketagihan -->

Advertisement

6 Makanan Khas Madura Terkenal Enak dan Rekomended, Nomor 4 Bikin Ketagihan

Senin, 04 November 2019


Berkunjung ke Madura cuma untuk jalan-jalan, pasti rasa-rasanya kurang afdol. Di lokasi ini, ada banyak kuliner ciri khas yang tidak ada kelirunya untuk Anda coba. Berikut beberapa makanan ciri khas Madura itu:
_____

1. Sate Madura


Makanan ciri khas Madura yang pertama akan diulas ialah Sate Madura. Siapa yang tidak mengenal dengan penganan yang satu ini. Bila bicara mengenai sate, karena itu kebanyakan orang tentu tertuju pada sate Madura itu.

Bahan sate yang dipakai cukup bermacam, ada yang dibuat dari daging ayam, daging sapi atau daging kambing. Sedang untuk bumbu sate itu, dibuat berbahan kacang, kecap, yang ditambah lagi beberapa macam bumbu yang lain.

Daging yang sudah dipotong kecil-kecil akan ditusuk memakai bambu memiliki ukuran kecil, selanjutnya dipanggang di atas bara api, sesudah 1/2 masak, selanjutnya diolesi bumbu selanjutnya dipanggang kembali.

Sesudah masak angkat, serta tuang bumbu di atas sate itu. Makanan yang satu ini paling enak bila dikonsumsi pada saat hangat bersama dengan lontong.
_____

2. Bebek Songkem


Makanan ciri khas Madura yang lain ialah bebek Songkem. Seperti namanya, karena itu bahan fundamen untuk bikin panganan ini ialah bebek. Bebek yang sudah dibikin bersih, selanjutnya dibumbui tersendiri, selanjutnya ditelungkupkan, serta dikukus memakai daun pisang.

Sesudah masak, angkat bebek itu dari kukusan, serta sediakan. Rasa dari panganan yang satu ini, tidak kalah menarik serta enak dibanding dengan bebek bakar atau bebek goreng. Untuk mendapatkan makanan yang satu ini tidak susah.

Sebab panganan yang satu ini ada di sejumlah restoran atau rumah makan di wilayah Madura. Bebek Songkem paling nikmat bila diberikan bersama dengan sambal, lalaban serta nasi yang masih hangat.
_____

3. Soto Madura


Tidak hanya sate, makanan ciri khas Madura yang lain yang cukup populer dari wilayah ini ialah Soto Madura. Hampir tiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner dari type soto, tetapi semasing wilayah memiliki cita rasa dan bahan yang berlainan untuk soto itu.

Demikian juga dengan Soto Madura, type soto yang satu ini cukup ciri khas, kuahnya memakai bahan kemiri. Hingga warna kuah jadi kuning keruh, dengan aroma yang cukup ciri khas.

Bahan fundamen untuk bikin soto Madura ini ialah ayam, yang ditambah lagi bumbu yang lain. Kuliner ini akan berasa nikmat bila disantap dengan nasi hangat, dan dikasih taburan bawang goreng dan ketang yang iris tipis selanjutnya digoreng.
_____

4. Lorjuk


Lorjuk ini sendiri salah satu type kerang, yang mempunyai cangkang seperti bambu. Di Madura sendiri, kerang yang satu ini bisa jadikan beberapa jenis cemilan, dari mulai rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng, serta bermacam penganan yang lain, yang tentu bahan penting yang dipakai ialah lorjuk itu.

Untuk temukan kerang yang satu ini, warga Madura, umumnya manfaatkan laut yang sedang surut. Saat sedang surut berikut umumnya kerang itu, terjerat di sedimen laut. Dengan memakai peralatan yang simpel, binatang yang satu ini bisa diamankan. Untuk permasalahan rasa, kerang yang satu ini mempunyai cita rasa yang gurih, dengan sedikit rasa amis.
_____

5. Topak Ladhe Bangkalan


Penganan yang bernama Tokak Ladhe ini salah satu kuliner yang umumnya ada di waktu hari raya Idul Fitri, persisnya saat hari raya ketupat. Topak Ladhe ini sendiri terdiri atas potongan daging, dalaman sapi dan telur.

Untuk dalaman sapi, umumnya ditukar dengan daging ayam. Tidak hanya beberapa jenis bahan daging ada pula potongan kacang panjang, serta potongan pepaya muda yang sudah dikukus awalnya.

Langkah menyediakan kuliner yang satu ini dengan menyediakan potongan ketupat di atas piring, selanjutnya beberapa jenis daging, bermacam sayur, selanjutnya disiram memakai kuah topa ladhe. Jadi pelengkap, dapat diberikan dengan bubuk jagung halus atau sambal urap manis.
_____

6. Tajin Sobih Bangkalan


Tajin sendiri ialah arti untuk kuliner sejenis bubur, sedang nama Sobih ialah nama salah satunya desa kecil yang berada di kabupaten Bangkalan Madura. Kuliner yang satu ini umumnya ditawarkan oleh beberapa ibu-ibu berumur lanjut, dengan dijamin di atas kepala, serta ditawarkan berkeliling-keliling.

Kuliner yang satu ini terdiri atas beberapa jenis isian, ada yang seperti dengan bubur sumsum, serta type yang lain. Panganan itu selanjutnya disimpan di atas daun pisang, selanjutnya diberi kuah gula merah. 

Rasa dari panganan ini ialah manis serta gurih. Umumnya tidak hanya tajin, panganan lain yang ditawarkan ialah lopes dan Cetter.

kapan kamu ke Madura?