10 Makanan Khas Papua yang Unik, Enak, dan Bikin Penasaran!

Advertisement

10 Makanan Khas Papua yang Unik, Enak, dan Bikin Penasaran!

Kamis, 07 November 2019


Papua, pulau dibagian timur Indonesia ini mempunyai daya tarik sendiri, keeksotisan budaya serta pemandangannya juga tidak kalah dari spot wisata lain. Sama seperti dari bagian kuliner, nyatanya sangat banyak makanan ciri khas Papua yang jarang-jarang kita tahu sampai kini, tetapi punyai cita rasa yang super enak. 

Coba saja lihat daftar Shopback kesempatan ini, jangan ngaku cinta Indonesia jika belum cobain semua makanan ini!
_____

1. Kue Lontar


Yang paling diketahui orang jadi salah satunya kuliner ciri khas Papua yakni kue lontar. 

Jangan bingung jika memiliki bentuk seperti dengan pie susu atau cheesetart yang hits saat ini. Papua telah terlebih dulu membuat kreasi bentuk semacam ini dengan olahan susu serta gula.
_____

2. Ikan Bakar Manokwari


Namanya saja telah Ikan Bakar Manokawari, pasti makanan ciri khas Manokwari, Papua ini harus kamu coba langsung sensasinya. 

Menu ini biasa diketemukan di warung-warung atau rumah makan tepi jalan, dimana cita rasa ikan tongkol dikasih sambal ciri khas Papua yang pedas. Dikonsumsi bersama nasi putih hangat tentu enak, nih!
_____

3. Ikan Bungkus



Wah jika kamu telah melahap ikan bungkus ciri khas Papua, tentu suka! Ikan ini diberikan dengan bumbu teramat kaya rempahnya, hingga berasa demikian wangi serta nikmat. 

Proses membuatnya juga lumayan lama sebab dibakar di atas api kecil supaya semua bumbu meresap ke daging.
_____

4. Sagu Lempeng


Sagu Lempeng adalah kue yang benar-benar umum diketemukan di daratan Papua, serta bisa kamu mencari di tiap bagian kota. 

Masyarakat seputar biasa nikmati ini bersama dengan satu cangkir teh atau kopi hangat sekalian santai di sore hari. 

Tetapi jangan terkejut ya bila gigitan pertamamu sangat terasa keras, sebab berikut sebagai keunikan Sagu Lempeng!
_____

5. Papeda



Siapa yang tidak mengenal dengan Papeda? Makanan ini demikian disukai masyarakat seputar serta buat pelancong ingin tahu sebab penampilannya yang kental serta unik. 

Makanan ini dibuat berbahan fundamen tepung sagu hingga tidak bingung bila teksturnya kental. Diluar itu langkah makannya dengan menggulung makanan memakai gata-gata (dibuat dari bambu), baru sajian siap disantap. 

Jangan cemas, kandungannya baik untuk kesehatan, lho!
_____

6. Udang Selingkuh


Siapa katakan hanya manusia yang dapat selingkuh, nyatanya udang dapat juga! Di Papua Barat, udang dengan bentuk besar seperti kepiting ini dibuat sampai diberi nama Udang Selingkuh. 

Ini sebab bentuk capitnya yang mirip kepiting, hingga disebutkan seolah selingkuh dari identitasnya. Menarik bikin dicoba, nih!
_____

7. Sate Ulat Sagu


Nah inilah salah satunya makanan yang buat pelancong takjub. Beranikah kamu coba sate ulat sagu jika berkunjung ke Papua? Tetapi meskipun demikian, kandungannya teramat sehat, lho! Makanan ini bisa tingkatkan daya dengan kandungan cholesterol yang rendah. 

Konon tuturnya, cita rasa sate ulat sagu ini berasa manis serta asin, dan dengan struktur yang tidak butuh diberi pertanyaan . Demikian kenyal!
_____

8. Kue Bagea



Jika satu ini adalah oleh-oleh harus ciri khas Papua. Yap, abon gulung! Janganlah lupa untuk luangkan diri coba enaknya kelembutan abon yang digulung dengan beberapa isian , seperti ayam, cokelat, strobery, serta masih banyak. 

Sedang bila disaksikan dari bentuk, kue ini hampir sama dengan bolu gulung tetapi dibuat berbahan yang berlainan.
_____

9. Sarang Semut


Sesuai dengan namanya, bentuk makanan ciri khas Papua ini seperti dengan sarang semut yang biasa diketemukan di antara bebatuan. 

Sarang semut sesuatu tanaman yang banyak dicari oleh pelancong sebab kandungannya yang benar-benar sehatkan. 

Dapat disebut, makanan ini berbentuk obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.
_____

10. Sambal Colo-colo


Jika kota lain punyai sambal yang bermacam cita rasa-rasanya, kamu akan temukan satu samabl bernama Colo-colo. Asal dari sambal ini sebetulnya datang dari kota Ambon serta Manado.
Tetapi menariknya, sambal ini demikian familiar di Papua serta banyak yang menelusurinya di sini. Bagaimana tidak, rasa pedasnya benar-benar ciri khas, dan mempunyai sedikit rasa asam dari kandungan jeruk nipis. 

Rasa pedasnya benar-benar ciri khas, dan berasa sedikit asam dari jeruk nipis.

Bagaimana, tercengan kan lihat beberapa daftar di atas? Hampir semua jarang-jarang kita dapatkan di kehidupan seharian, walau sebenarnya cita rasa-rasanya tidak kalah berkompetisi dengan kuliner ciri khas kota yang lain. 

Yuk sayangi Indonesia lebih dalam , salah satunya misalnya dengan terdorong untuk mencicip sajian-sajian ciri khas kota lain yang jarang-jarang kita sadari sampai kini.